Senin, 15 April 2013

Hidup di Poepe



Video ini adalah materi pembelajaran dalam Sendawi Forum. Warga Marind belajar untuk memahami realitas relasi sosial dalam konteks hak atas tanah dan pembagian wilayah tanah marga.

 Forum Sendawi adalah sebuah gerakan saling belajar belajar bersama untuk pandai bersama. Seperti Sendawi, setiap orang harus mengalami kesejuhkan, kedamaian, dan kehidupan ketika dia hadir dalam forum sendawi.

Pendekatan Forum Sendawi adalah pendidikan popular yang bersumber pada story telling dan media audio visual (video). Kenapa story telling dan video? Saya dan kawan-kawan percayah bahwa warga di Kampung memilihki banyak informasi, pengetahuan dan cerita-cerita yang sangat kaya. Cerita yang kaya ini harus diangkat dan diceritakan bersama. Karena cerita yang dihadirkan dalam ruang diskusi bersama dan didiskusikan secara bersama-sama akan sangat berguna untuk menemukan solusi dari perspektif rakyat yang tertindas seperti Orang marind yang sedang ditindas dengan kebijakan MIFEE.

Saya banyak belajar dari pengalaman pribadi saya. Sejak kecil, saya tinggal di Kampung Yodom di pinggir sungai Digoel. Saya tinggal bersama bapa dan mama saya yang bertugas sebagai guru di kampung itu. Setia tahun, kami sering melayani tamu, entah itu para penelitih, atau tamu kunjungan Pemerintah atau tamu kunjungan dari Gereja Katolik. Tamu-tamu itu sering bikin pertemuan dengan warga Kampung. Saya sendiri sering hadir mendampingi bapak saya. Saya sering bertanya, mengapa tamu-tamu itu datang ke kampung, mendengar keluhan warga, mencatatnya dan membuat janji untuk membantu warga, tapi hinggga kini tidak ada perubahan kehidupan warga di Kampung saya? Pertanyaan ini membuat saya sadar bahwa tamu-tamu yang sering ke kampung itu hanya ingin menyerap pengetahuan warga demi status sosial mereka, seperti jika tamu itu seorang dosen, maka dia ingin menyerap pengetahuan dari warga untuk karir dan status akademiknya, dll.

Inilah yang menjadi latar belakang saya ingin terlibat bersama dengan kawan-kawan dalam Forum Sendawi, dengan tujuan untuk membangkitkan pengetahuan-pengetahuan kaum tertindas dan melawan dominasi informasi yang cenderung menindas mereka demi sebuah gerakan pembebasan menujuh pemerdekaan sejatih.

Maka, Forum Sendawi terbentuk sebagai sebuah gerakan, sebuah study sel yang dibentuk oleh komunitas rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar