Kamis, 10 Januari 2019

Dampak Kolonisasi terhadap Orang Aborigin

Oleh David Clark 

Kisah seniman anak-anak Aborigin di Carrolup harus diceritakan dalam konteks sosial, politik dan budaya dari apa yang terjadi di Australia Barat selama tahun 1940-an dan 1950-an, serta pada masa-masa sebelumnya. Bab pertama dari buku kami yang akan datang - yang akan keluar akhir tahun ini - menggambarkan secara singkat konteks sosial, politik dan budaya ini dengan merangkum peristiwa-peristiwa penting yang relevan yang terjadi di Australia Barat sebelum para seniman anak yang tiba di Carrolup.

Dalam salah satu Blog Penyembuhan pertama kami, Dampak Kolonisasi, saya membuat referensi ke buku mani Profesor Judy Atkinson, Trauma Trails: Recreating Songlines, yang menggambarkan bagaimana kontrol masyarakat Aborigin di Australia oleh penjajah Eropa difasilitasi oleh tiga jenis kekuatan utama pelecehan atau kekerasan — kekerasan fisik terbuka, kekerasan struktural terselubung, dan dominasi psikososial.

Saya percaya bahwa sangat penting untuk mengulang bagian dari blog saya sebelumnya di sini untuk memberikan wawasan tentang apa yang dihadapi masyarakat Aborigin di Australia. [Orang asli dari bagian lain dunia memiliki pengalaman serupa setelah penjajahan oleh orang Eropa]. Saya ingin mendorong orang untuk membeli buku Judy untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana kolonisasi menumpuk trauma pada trauma pada orang Aborigin.

Melebihi kekerasan fisik

Di Australia, kedatangan penjara itu di Sydney Cove pada tahun 1788 memicu serangkaian bencana yang menyebarkan trauma demi trauma demi trauma. Bencana ini berdampak pada orang Aborigin dan Penduduk Selat Torres yang telah tinggal di benua itu antara 50 - 70.000 tahun.

Pendatang pertama membawa penyakit yang memusnahkan sejumlah besar orang Aborigin, karena mereka tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit Eropa. Para penyintas segera ada di tingkat kelaparan, karena mereka tidak dapat mengumpulkan makanan karena sakit atau karena mereka tidak diberi akses ke tempat perburuan tradisional mereka oleh penjajah.

Kekerasan fisik tersebar luas. Kekerasan ini, dan pembunuhan dan pembantaian yang menyertainya, mendorong orang Aborigin menjauh dari tanah tradisional mereka, pusat spiritual mereka. Itu mencegah mereka dari melakukan upacara penting mereka yang memastikan siklus kehidupan yang berkelanjutan.

Penculikan perempuan dan anak-anak Aborigin karena penyalahgunaan ekonomi dan pelecehan seksual adalah hal biasa. Rasisme adalah endemik.

Orang-orang Aborigin mencari perlindungan di pinggiran pemukiman kulit putih. Pemilik tanah putih mulai menguntungkan menggunakan tenaga kerja Aborigin, banyak yang membayar dengan opium dan alkohol. Zat adiktif ini menjadi sarana orang untuk mengobati rasa sakitnya sendiri.

Kekerasan struktural terselubung

Fase kedua trauma terjadi ketika pemerintah mulai mengirim orang Aborigin ke cagar alam asli, yang sebenarnya merupakan kamp di bawah standar untuk orang-orang yang terkucil dari negara mereka sendiri. Pelindung, atau Direktur Urusan Asli, diangkat yang menjadi wali sah bagi semua orang Aborigin di bawah 21 tahun.

Pelindung ini dapat mengesahkan pernikahan dan adopsi hanya dengan menjentikkan pena. Mereka dapat memutuskan bahwa seorang suami akan dikirim ke satu tempat, istrinya ke tempat lain, dan anak-anaknya ke asrama di lokasi lain.

Undang-undang ini menegakkan ketergantungan sambil menolak layanan-layanan penting. Ini memberi kekuatan kepada orang-orang yang menggunakan kekuatan mereka dengan kasar. Itu memisahkan keluarga. Itu menghancurkan rasa harga diri dan nilai dalam budaya, karena melarang proses seremonial dan penggunaan bahasa.

Kekerasan berlanjut di dalam dan di luar cadangan, sebuah kekerasan yang sering dilakukan oleh polisi. Para misionaris menyatakan orang Aborigin sebagai orang kafir dan 'berusaha menyelamatkan jiwa mereka'. Para misionaris ini berusaha untuk secara sistematis memberantas apa yang mereka pandang sebagai praktik dan kepercayaan kafir. Orang-orang Aborigin yang trauma tidak berdaya untuk menghentikan bentuk kekerasan struktural dan institusional ini.

Dominasi psikososial

Dominasi psikososial, atau genosida budaya, terjadi ketika penindas percaya bahwa yang tertindas adalah bukan manusia, tanpa budaya identitas sebagai manusia, atau dengan budaya dan identitas yang lebih rendah. Mereka menyangkal orang yang tertindas hak untuk identitas yang terpisah sebagai suatu kelompok, atau sebagai individu dalam kelompok.

Dengan mendefinisikan orang Aborigin sebagai bukan-orang, para penjajah membenarkan perilaku mereka, dan pada gilirannya, orang-orang yang tertindas menjadi percaya akan hal ini tentang diri mereka sendiri. Kepercayaan inilah yang membantu memungkinkan pihak berwenang untuk memindahkan anak-anak Aborigin dari keluarga mereka, yang disebut Generasi yang Dicuri.

Penghapusan anak-anak Aborigin dari keluarga mereka dan penempatan mereka di misi, atau dengan keluarga kulit putih, tidak hanya menyebabkan kesusahan besar, tetapi juga memfasilitasi penghancuran kepercayaan dan praktik budaya Aborigin. Ini memecah keluarga Aborigin dan meninggalkan banyak orang mencari anak-anak mereka, atau orang tua mereka, selama bertahun-tahun di masa depan.

Gen Genosida budaya tidak hanya berfungsi untuk menghancurkan budaya orang-orang yang tertindas, tetapi juga menghapuskan rasa berharga, harga diri, dan kesejahteraan individu dan kelompok.

Diterjemahkan dari http://www.carrolup.info/the-impact-of-colonisation-on-aboriginal-people/?fbclid=IwAR11YD1NNx6gl_yHveBwpLX-FclD8iylBZN4lXcZcuQG4SNJEumJwN-12ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar